Peluang Bianconeri Untuk Kokohkan Posisi

Peluang Bianconeri Untuk Kokohkan Posisi – Juventus memiliki kesempatan bukan hanya untuk mengokohkan posisinya di puncak klasemen Serie A tetapi juga menegaskan dominasinya atas rival sekota Torino pada akhir pekan ini.

Hingga giornata 24 Juve bertengger di puncak klasemen Serie A dengan 63 poin hasil dari 24 pertandingan yang telah mereka jalani, unggul dengan selisih cukup nyaman dari AS Roma yang ada di posisi dua dengan 54 poin hasil dari 23 pertandingan yang mereka jalani. Napoli sementara itu ada di posisi tiga dengan raihan angka 59 poin dari jumlah pertandingan yang sama.

Pada pertandingan akhir pekan, Juve bisa semakin menjauh sekaligus memberi tekanan lebih besar buat para tim dibawahnya. Syaratnya adalah meraih kemenangan dalam Derby della Mole atau derby Turin lawan Torino di kandang, Senin (24/2/2014) dinihari.

Tim asuhan Antonio Conte sendiri punya modal sangat mentereng di Serie A untuk menghadapi pertandingan. Sebut saja torehan tak terkalahkan dalam 16 pertandingan, senantiasa membuat gol di 37 pertandingan sebelumnya di Serie A, tak terkalahkan di kandang, atau belum pernah menelan kekalahan di derby Turin sejak tahun 1995 yang lalu.

Sementara Torino sebaliknya malah tidak bisa mencetak gol ke gawang Juve dalam sembilan derby terakhir. Il Toro bisa mencetak gol ke gawang Juve pada 24 Februari 2002 saat kedua tim berimbang 2-2 pada pertandingan. Juve juga mengungguli Torino di derby Turin ini, dari 228 pertemuan di semua kompetisi, Juve meraih 94 kemenangan sedangkan Torino hanya 72 kemenangan, dengan 62 pertandingan sisa berakhir seri.

Tentu saja Juve sebagai  juara Serie A dua musim berturut-turut, di atas kertas akan sangat diunggulkan atas Torino meski apapun masih mungkin terjadi di atas lapangan.

Beberapa data dan fakta seputar pertandingan tersebut :

Yang pertama, kemenangan terakhir Torino dalam derby ini adalah pada April 1995 lalu dengan skor 2-1 pada pertandingan itu. Sejak itu Juventus sudah 11 kali memenangi derby pada pertandingan, dengan empat lainya berakhir seri. Dalam sembilan derby terakhir, Torino tidak mampu mencetak satu gol pun ke gawang lawan.

Yang kedua, Juve tidak terkalahkan dalam 16 pertandingan terakhirnya di Serie A dengan 14 kemenangan dan selalu mencetak gol di dalam seluruh 37 pertandingan. Tapi, Bianconeri telah kebobolan gol dalam enam pertandingan secara beruntun untuk kali pertama setelah Januari 2011 silam.

Yang ketiga, Juve punya catatan kandang 100% musim ini dan mencetak setidaknya tiga gol dalam masing-masing lima pertandingan terakhir yang dimainkan di kandang.

Yang keempat,  dari enam pertandingan terakhir di Serie A yang mereka jalani, Torino baru kalah satu kali dan memenangi tiga pertandingan.

Yang kelima, Claudio Marchisio telah mencetak tiga gol dalam tiga penampilan terakhirnya lawan Torino di Liga Italia.

Yang keenam, Fernando Llorente sudah mengemas enam gol lewat sundulan sejauh ini, sebuah rekor di antara lima liga.

Yang ketujuh, Alessio Cerci dan Ciro Immobile sudah terlibat secara langsung dalam 31 dari total 39 gol Torino di Serie A musim ini dengan 79% persentasenya.

Yang kedelapan, Immobile sudah membuat delapan gol dalam delapan penampilan terakhirnya di Liga Italia.

Yang kesembilan, Juventus dengan 52% dan Torino dengan 50% memiliki persentase tendangan terbanyak pertama dan kedua di Serie A sepanjang musim.

Tags:  ,